Dunia Islam

Badan Perlintasan dan Perbatasan Palestina mengumumkan, sebanyak 5 kontainer dari kapal bantuan Turki telah tiba di Jalur Gaza.

“Sebanyak 5 kontainer dari total 14 kontainer bantuan Turki telah tiba di wilayah Palestina melalui gerbang Karem Abu Salim, gerbang yang memisahkan antara Jalur Gaza dengan wilayah Israel,” ujar Direktur Penerangan Badan Perlintasan dan Perbatasan Palestina Wail Abu Umar, Rabu (21/06/2017) dikutip  Palestine Information Centre (PIC).

Mesir telah menawarkan untuk menyediakan listrik pada Gaza dengan balasan kerja sama dalam kontra terorisme yang sedang dilakukan Kairo.

Pengumuman itu terjadi setelah kabinet keamanan Israel kemarin menyetujui pemotongan suplai listrik Israel ke Gaza sebesar 40 persen, “dalam menanggapi permintaan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas”.

Pemerintah Qatar hari Senin berjanji akan mengalokasikan US $ 12 juta kepada otoritas Palestina untuk membiayai biaya bahan bakar untuk pembangkit listrik di Jalur Gaza, dalam upaya menangani krisis listrik di wilayah itu.

Kelompok pejuang Hamas dalam sebuah pernyataan di situs resminya hari Senin mengatakan, hal itu dinyatakan ketika pertemuan antara Amir Qatar, Syeikh Tamim Hamad al-Thani dengan Wakil Ketua Politbiro Hamas, Ismail Haniyah di Doha baru-baru ini.

Syeikh Raed Salah dikenal sebagai “Syeikhul Aqsa” karena tindakannya melindungi Masjid Al-Aqsa dari rencana keji ekstrimis Israel

Kementrian Luar Negeri Israel telah mengirim pesan keras pada duta besar Turki di Tel Aviv, Kemal Ökem karena mengundang Ketua Harakah Islam di Palestina yang terjajah Syeikh Raed Salah (Raid Shalah) untuk berbuka puasa di rumah duta besar itu, Ynet News melaporkan pada Jumat.

Kemarahan kementrian luar negeri Israel itu disebabkan munculnya sebuah foto di akun Twitter kedutaan yang diambil pada saat penyambutan, yang menunjukkan pemimpin Gerakan Islam di Israel dan tokoh Muslim lainnya berdiri bersama duta besar Turki.

Rabithah Ulama Palestina menyatakan sikap solidaritas kepada Ketua Persatuan Ulama Islam Dunia, Syeikh Dr Yusuf al-Qaradhawi atas ‘daftar teroris’ yang dikeluarkan beberapa Negara Teluk.

“Dr. Qaradhawi telah banyak mendapatkan penghargaan dari pemerintah negara teluk, sebagaimana mereka juga meminta bantuan beliau untuk memperbaiki pemahaman yang salah dan menjelaskan permasalahan-permasalahan yang sukar kepada para generasi mereka,” ujar Ketua Rabithah, Marwan Abu Ras mengatakan dalam pernyataan sikapnya dikutip Alarabi21.com belum lama ini.