90 Persen Kesalahan Mendidik Anak karena Komunikasi

Kalau anak melakukan kesalahan, lalu ekspresi kita menyeramkan maka anak kita makin tidak baik perilakunya.

MENURUT Praktisi Parenting, Ida S Widayanti, 90 persen kesalahan mendidik anak oleh orangtua karena kesalahan komunikasi atau cara penyampaian nilai baik pada anak.

“Antara orangtua dan anak ternyata 90 persen masalah anak disebabkan oleh kesalahan atau cara berkomunikasi dan penyampaian nilai baik terhadap anak,” ungkapnya.

Oleh karenanya, penulis buku best seller Bahagia Mendidik Mendidik Bahagia ini memberikan tips pengasuhan dari Luqmanul Hakim, termasuk cara berkomunikasi.

“Saya singkat saja hanya memberi satu tips dari al-Qur’an dari Luqmanul Hakim. Beliau mengatakan, janganlah engkau memalingkan wajah artinya jangan mengekspresikan yang tidak menyenangkan,” ungkap alumni Institut Teknologi Bandung ini.

Kalau anak melakukan kesalahan, lalu ekspresi kita menyeramkan maka anak kita makin tidak baik perilakunya.

Kemudian yang kedua janganlah berjalan angkuh. “Gestur tubuh perhatikan kepada anak ketika menyampaikan nilai-nilai baik,” terangnya.

Dan yang ketiga janganlah meneriakkan suara seperti suara keledai.

“Karena seburuk-buruknya suara adalah suara keledai,” pungkasnya dalam acara Grand Seminar Parenting, rangkaian dari ESQ Great Family di Menara 165, Jakarta, beberapa waktu lalu.* SLS

Last modified on 08/07/2017

Share this article

About Author

Hadi Al Maqdisi

Seorang Pemuda yang siap berjuang untuk Al Maqdisi dan Kemerdekaan Bangsa Palestina

Website: almaqdisi.com
Login to post comments